Posisi Kubu Pemerintah Suriah Semakin Terdesak oleh Tentara Pemberontak Icon
Browse: Home » Luar Negeri » Posisi Kubu Pemerintah Suriah Semakin Terdesak oleh Tentara Pemberontak

Posisi Kubu Pemerintah Suriah Semakin Terdesak oleh Tentara Pemberontak

Post Rating: Posisi Kubu Pemerintah Suriah Semakin Terdesak oleh Tentara Pemberontak Rating (15678 votes)

Berita Suriah hari ini. Posisi Kubu loyalis Presiden Suriah, Bashar al-Assad, Semakin Terdesak oleh Tentara Pemberontak. Milisi bersenjata yang memberontak itu dikabarkan meraih beberapa kemajuan dalam perlawanannya melawan pemerintah, Kamis (19/7). Sebelumnya, mereka mengaku bertanggung jawab atas aksi pemboman yang menewaskan tiga pejabat senior Suriah.

Bashar al-Assad, yang belum mengeluarkan pernyataan atau tampil di depan umum sejak serangan bom dahsyat haru Rabu di pertemuan penting kepala keamanan dan pertahanan itu, masih memimpin operasi dari kantornya Damaskus.

Namun, informan kubu oposisi dan seorang pejabat Barat mengatakan, posisi Bashar al-Assad saat ini sedang berada di kota pantai Latakia.

“Informasi kami menyebut bahwa Presiden berada di istananya di Latakia dan dia mungkin telah berada disana selama beberapa hari,” ujar seorang tokoh oposisi senior, yang menolak disebutkan namanya. Propinsi Latakia merupakan tempat bagi beberapa kota yang tidak dihuni para anggota aliran minoritas Alawit pimpinan Assad.

Para diplomat di Suriah mengatakan kini setiap orang kini mengamati sampai sejauh mana Bashar al-Assad bisa mempertahankan bangunan komando. Pembunuhan kemarin merupakan pukulan besar tapi bukan fatal.

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB menangguhkan jadwal pemungutan suara terkait resolusi Suriah dan Presiden AS Barack Obama menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai upaya untuk membujuk Moskow agar mencabut dukungan bagi penguasa Suriah itu.

krisis suriah

Krisis Suriah semakin kritis

Di Afghanistan, PM Inggris David Cameron pada Kamis meminta presiden Suriah agar mundur pasca peningkatan tindak kekerasan dan pemboman di ibukota Damaskus.

Cameron juga menghimbau kepada Rusia dan China agar mendukung resolusi baru PBB yang mengancam sanksi-sanksi non-militer dan terkait dengan Bab 7 Piagam PBB, yang bisa mengizinkan penggunaan kekuatan militer untuk mengakhiri konflik itu.

Konflik di Suriah telah mencapai titik kritis

Demikian diungkapkan duta internasional Kofi Annan menanggapi konflik di Suriah yang sudah berlangsung selama hampir 16 bulan. Sementara itu pertempuran sengit di ibukota, Damsyik, sudah memasuki hari ketiga.

Pasukan pemberontak mengatakan telah melancarkan ofensif besar-besaran untuk membebaskan Damsyik, yang dijuluki Operasi Gunung Damsyik.

Pertempuran di ibukota tampaknya semakin sengit, dimana dilaporkan pasukan pemerintah mengerahkan tank dan helikopter bermeriam untuk merebut kembali daerah-daerah yang sudah dikuasai kaum pemberontak.

Pemberontak Suriah Optimis Rebut Damaskus

suriah terkiniPemberontak Suriah menyatakan pertempuran untuk “pembebaskan” Damaskus telah dimulai menyusul pertempuran sengit berkecamuk di seluruh kota, Selasa (17/7). Serangan balik siap diluncurkan meski Rusia menyatakan, kesepakatan damai melalui resolusi PBB dapat ditempuh terkait krisis Suriah.

Tentara Pembebasan Suriah (FSA) mengklaim telah menembak jatuh sebuah helikopter di ibukota. Sengitnya perebutan ibu kota nampaknya seperti yang digambarkan utusan perdamaian PBB Kofi Annan, pekan lalu, bahwa krisis 16-bulan anti pemerintah di Suriah kini menjadi perang saudara.

Pemberontak Suriah Bersumpah Lanjutkan Revolusi

Kelompok pemberontak Suriah bersumpah melanjutkan perjuangan revolusi ke Istana Negara di Damaskus. Mereka menyatakan itu beberapa jam setelah Menteri Pertahanan Suriah tewas dalam sebuah ledakan bom di Damaskus.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Dewan Militer Tentara Pembebasan Suriah (FSA), Abdul Jabar Al Kaedi, yang direkam dalam sebuah video amatir di Allepo. Ia mengaku bangga kelompoknya menewaskan tiga petinggi militer pemerintahan Presiden Bashar Al Assad. Satu di antara petinggi militer itu merupakan saudara ipar Al Assad yang sangat berkuasa di kota tersebut.

Berita Terbaru Hari Ini - Hasil Pencarian:

situasi suriah terkini,kekuatan militer iran,kondisi suriah terkini,perang suriah terkini,situasi suriah hari ini,jeki noya,oposisi suriah terdesak,suriah kini,damaskus hari ini,kondisi suriah saat ini,Situasi terkini di suriah,Keadaan suriah hari ini,kondisi suriah hari ini,kekuatan militer suriah,Situasi suriah saat ini,berita perang suriah terbaru,Keadaan suriah terkini,kondisi terkini suriah,pertempuran suriah hari ini,puasa ramadhan 2012,Situasi terkini suriah,keadaan suriah saat ini,kondisi terkini di suriah,kekuatan pemberontak suriah,oposisi suriah terkini,pertempuran suriah terkini,perang di suriah hari ini,model gamis ashanty,situasi suriah,berita bashar assad,fsa suriah,kekuatan militer suriah saat ini,kondisi terakhir perang suriah

Leave a Reply for “Posisi Kubu Pemerintah Suriah Semakin Terdesak oleh Tentara Pemberontak”

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Klik LIKE/SUKA dulu ya....
Sebelum meneruskan membaca, luangkan sejenak buat Like/Suka Facebook atau follow Twitter: