Muhammadiyah – NU Lebaran Idul Fitri 1 Syawwal 1433 pada 19 Agustus 2012 Icon
Browse: Home » Berita Hari Ini » Muhammadiyah – NU Lebaran Idul Fitri 1 Syawwal 1433 pada 19 Agustus 2012

Muhammadiyah – NU Lebaran Idul Fitri 1 Syawwal 1433 pada 19 Agustus 2012

Post Rating: Muhammadiyah – NU Lebaran Idul Fitri 1 Syawwal 1433 pada 19 Agustus 2012 Rating (2578 votes)

Muhammadiyah dan NU boleh saja tidak sepakat dalam hal penentuan awal puasa Ramadhan 1433 tahun ini. Namun, untuk penetapan Lebaran Idul Fitri 1 Syawwal 1433 H, nampaknya keduanya bakal melaksanakan Shalat Ied di hari yang sama; Minggu 19 Agustus 2012. Dan, kemungkinan besar warga Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) akan bersama-sama pula menggemakan takbir di malam yang sama. Dalam kalender kedua ormas Islam tersebut, 1 Syawal 1433 H ditetapkan pada tanggal yang sama, yakni Minggu 19 Agustus 2012.

idul fitri 1433 nu muhammadiyyahSalah satu pimpinan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Marifat Iman membenarkan kemarin, sebagaimana yang diberitakan oleh Media Indonesia. “Idul Fitri sama, yaitu pada 19 Agustus 2012, karena pada 17 Agustus posisi hilal masih di bawah ufuk. Maka bulan baru 1 Syawal 1433 H jatuh pada lusa harinya, yaitu 19 Agustus,” tegas Marifat.

Dengan posisi hilal seperti itu, tambah Marifat yang juga anggota Komisi Fatwa MUI Pusat ini, semua umat Islam akan sepakat menetapkan awal bulan pada lusa harinya.

Hal senada juga dikemukakan Rois Syuriah PBNU KH Masdar F Masudi. Menurut Masdar, kalender NU menetapkan 1 Syawal juga pada 19 Agustus 2012. “Sebenarnya NU juga mempunyai hitungan hisab yang diperkukuh dengan rukyat atau melihat hilal atau bulan itu,” kata Masdar.

Kebersamaan menentukan 1 Syawal itu, kata dia, baik karena tidak membingungkan umat.

Di sisi lain, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) juga berharap perayaan Idul Fitri berlangsung serempak pada 19 Agustus 2012. “Alhamdulillah, saya kira kita semua berharap dapat merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1433 H bersamaan, secara serempak,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Abdul Djamil kepada Media Indonesia, kemarin.

Namun, tambah Abdul, pemerintah tetap akan memutuskan hal itu melalui sidang isbat setelah memperoleh konfirmasi rukyat.

Akhir pekan lalu, Ketua Dewan Masjid Indonesia yang juga mantan Wapres Jusuf Kalla menegaskan bahwa seluruh umat Islam Indonesia akan merayakan Idul Fitri secara serempak pada 19 Agustus 2012.

Meski demikian, kemungkinan terjadinya perbedaan hari raya Idul Fitri tahun ini masih terbuka. Mengingat, NU (Nahdlatul Ulama) dan beberapa ormas Islam lain lebih mengedepankan rukyatul hilal (melihat hilal) sebagai dasar penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawwal.

Berita Terbaru Hari Ini - Hasil Pencarian:

idul fitri 1433,selamat idul fitri 1433,gambar idul fitri terbaru,gambar keluarga besar muhammadiyah mengucapkan selamat hari raya idul fitri,gambar selamat lebaran NU,idul fitri nahdatul ulama,info hari raya idul fitri tahun 2014 menurut ulama indonesia,perkiraan 1syawwal 2014 vsrsi Nu,pp muhammadiyah mengucapkan selamat idul fitri

One Comment to “Muhammadiyah – NU Lebaran Idul Fitri 1 Syawwal 1433 pada 19 Agustus 2012”

  • Jay says:

    Kita telah sampai pada ujung bulan Ramadlan, yang baerrti kita segera mengakhiri madrasah puasa Ramadlan. Allah menjamin bagi yang berpuasa dengan imanan wah tisaban akan memberikan kefitrian. Tetapi ini hanya sebuah bekal dan awal yang cerah buah latihan kita selama sebulan.. karena puasa yang sesungguhnya akan dijalankan 11 bulan berikutnya. Bagi kita yang selalu rindu Ramadlan, maka ini adalah kesempatan dan sekaligus tantangan untuk membuktikan dan sekaligus sebagai indikator apakah latihan puasa kita sebulan itu berhasil dengan baik… Hasilnya, menurut para sufi, bisa tingkat syariat, tarikat, hakikat, bahkan mungkin hanya tingkat menahan lapar dan dahaga. Semoga Allah meridlai dan memberikan jalan terbaik bagi kita semua. Untuk mengawali kefritian, saya mengucapkan “SELAMAT cdDIL FITRI, MINAL c1IDIN WAL FAIZIN, KULLU AMIIN WA ANTUM BI KHAIR, TAQABBALLALLAHU MINNA WAMINKUM TAQABBAL YAKARIIM” Asik Surya dan Keluarga, Bogor Indonesia..[]

  • Leave a Reply for “Muhammadiyah – NU Lebaran Idul Fitri 1 Syawwal 1433 pada 19 Agustus 2012”

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Close
    Klik LIKE/SUKA dulu ya....
    Sebelum meneruskan membaca, luangkan sejenak buat Like/Suka Facebook atau follow Twitter: