KRI Klewang 625: Kapal Siluman Tercanggih TNI AL Icon
Browse: Home » Militer RI » KRI Klewang 625: Kapal Siluman Tercanggih TNI AL

KRI Klewang 625: Kapal Siluman Tercanggih TNI AL

Post Rating: KRI Klewang 625: Kapal Siluman Tercanggih TNI AL Rating (10560 votes)

Berita militer Indonesia hari ini – KRI Klewang 625: Kapal Siluman Tercanggih yang dimiliki TNI AL merupakan peralatan tempur sebagai Kapal Cepat Rudal (KCR) jenis Trimaran, yang baru saja diluncurkan pada 31 Agustus 2012 dari galangan kapal PT Lundin Industry Invest. Peluncuran tersebut dilakukan di Pantai Catalan, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kapal perang tercanggih milik TNI AL, yang diklaim paling inovatif itu bernilai Rp. 114 miliar. Saat peluncuran, kapal itu baru rampung 90%. Finishing akan dilakukan di dermaga Pangkalan TNI-AU (Lanal) Banyuwangi. Karena belum selesai, peralatan persenjataan modern kapal belum dipasang.

KRI Klewang 625 merupakan kapal cepat rudal pertama yang dimiliki TNI-AL. Kapal itu tidak mudah terdeteksi radar karena tidak menggunakan bahan baja, melainkan berbahan komposit.

Tidak banyak negara yang memiliki kapal sejenis KRI Klewang 625. Hanya Amerika Serikat (AS) dan Indonesia yang memiliki kapal yang paling ekonomis di kelasnya tersebut. AS pun hanya memiliki 4 (empat) unit. Kementerian Pertahanan sebenarnya memesan empat unit, tapi baru rampung satu.

KRI Klewang 625 akan dilengkapi empat rudal jenis C-705 dengan jarak jelajah 120 kilometer. Inilah satu-satunya kapal perang di dunia yang berbahan komposit serat karbon. Memang ada beberapa negara yang pengguna kapal perang berdesain trimaran, namun tidak ada satu pun yang berbahan komposit serat karbon.
Dengan menggunakan komposit serat karbon, kapal perang itu diharapkan mampu bermanuver di atas air yang mumpuni. Serat karbon diyakini memiliki kekuatan 20 kali lebih kuat dibanding baja.

KRI KLEWANG 625

KRI KLEWANG 625, kapal tercanggih milik TNI-AL sedang mengarungi Pantai Pacalan, Banyuwangi

Tentang Kapal KRI Klewang 625

  • Produsen: PT Lundin Industry Invest Banyuwangi, Jatim. Indonesia merupakan negara kedua di dunia yang memiliki kapal jenis ini.
  • Mesin utama: 4x Marine engines MAN B&W nominal 1.800 PK
  • Awak kapal: 27 orang
  • Bahan frame: Komposit serat karbon. Versi TNI AL, ini adalah kapal trimaran satu-satunya yang berbahan serat karbon (kapal milik AS berbahan baja).
  • Kecepatan: 30 – 35 knots
  • Peralatan perang utama: Empat rudal C 705 buatan Tiongkok dengan jarak jangkau target 120 km.
  • Harga/unit: 114 miliar
  • Bobot mati: 53,1 GT (gross tonnage)
  • Lebar: 15 meter
  • panjang: 63 meter (milik AS 127 meter)
  • Keunggulan lain: Tidak terdeteksi radar musuh karena tidak berbahan baja. Desain lambungnya yang didesain secara khusus membuat KRI Klewang 625 mampu menembus gelombang sehingga dapat meningkatkan stabilitas.
Kapal KRI Klewang 625

Spesifikasi Kapal KRI Klewang 625 Milik TNI Angkatan Laut

Berita Hari Ini - Hasil Pencarian:

kri klewang,peralatan militer indonesia tercanggih,rudal iran tercanggih,Kapal Siluman KRI Klewang,kri klewang terbakar,kapal perang indonesia terbaru 2012,kapal klewang,spesifikasi kri klewang,KLEWANG

BAGIKAN tulisan ini ke:







One Comment to “KRI Klewang 625: Kapal Siluman Tercanggih TNI AL”

  • [...] hari lalu saya mengagumi kecanggihan kapal tersebut pada berita di bagian lain situs ini (Ada di: http://news.tohasyahputra.com/kri-klewang-625-kapal-siluman-tercanggih-tni-al.htm). Rasanya sangat aneh apabila KRI Klewang terbakar, sebab usianya belum genap satu bulan dari [...]

  • Leave a Reply for “KRI Klewang 625: Kapal Siluman Tercanggih TNI AL”

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>