Iran Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak AS, Obama Minta Pesawat Dikembalikan Icon
Browse: Home » Luar Negeri » Iran Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak AS, Obama Minta Pesawat Dikembalikan

Iran Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak AS, Obama Minta Pesawat Dikembalikan

Post Rating: Iran Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak AS, Obama Minta Pesawat Dikembalikan Rating (10355 votes)

Berita hari ini: Setelah insiden tertembaknya pesawat tak berawak AS, Presiden Barack Obama angkat bicara. Dia meminta Iran mengembalikan pesawat tak berawak AS yang kata Teheran ditembak jatuh ketika sedang terbang di wilayah udara Iran.

“Kami memintanya kembali. Kami akan melihat bagaimana orang Iran menanggapi hal itu,” kata Obama dalam jumpa pers bersama Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki, Senin, (12/12).

pesawat tak berawak as ditembak jatuhPernyataan itu merupakan konfirmasi pertama yang disampaikan pemerintah Obama mengenai keberadaan pesawat tak berawak AS di tangan Iran. “Mengenai pesawat tak berawak yang ada di wilayah Iran, saya tidak akan berkomentar karena itu rahasia intelijen,” kata Obama.

Pejabat intelijen AS mengatakan, pesawat yang dirancang untuk menghindari radar dalam penerbangan mata-mata itu sedang dalam misi CIA ketika hilang. Pada 4 Desember lalu, Iran menembak jatuh menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak AS RQ-170 karena melanggar wilayah udara timur negara itu, dekat perbatasan dengan Afghanistan dan Pakistan.

“Satuan-satuan perang elektronik dan pertahanan udara kami berhasil mengidentifikasi dan menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata canggih tak berawak (RQ-170), setelah pesawat itu melanggar wilayah perbatasan timur,” kata kantor berita Fars mengutip satu sumber militer.

“Pesawat itu ditembak jatuh dengan kerusakan ringan. Kini pesawat itu dikuasai pasukan kami,” lanjut si sumber, seraya menyebut insiden tersebut sebagai pelanggaran wilayah yang mencolok.

RQ-170 Sentinel adalah sebuah pesawat pengintai yang keberadaannya diungkapkan pada 2009 oleh media dan kemudian dikonfirmasi oleh Angkatan Udara AS pada 2010.

Menembak jatuh pesawat mata-mata tanpa awak Amerika RQ-170, adalah sebuah capaian militer yang luar biasa mengingat pesawat ini dirancang sebagai pesawat siluman yang tak terlacak radar. Namun Iran sanggup menjatuhkan pesawat ini tanpa senjata, melainkan dengan teknologi komunikasi dan elektronika, sebuah capaian yang jauh lebih tinggi nilainya. Dan ini cukup untuk membuat Amerika “demam panas dingin”.

Iran baru saja mempertontonkan kepada publik sosok pesawat RQ-170 yang utuh tanpa kerusakan sedikitpun. Ini membuktikan klaim Iran bahwa mereka mampu mengimbangi teknologi elektronik dan komunikasi Amerika. Selain itu para ilmuan Iran juga mendapat “hadiah istimewa”. Dengan keberadaan pesawat canggih itu di tangan mereka, mereka bisa mengembangkan pesawat sejenis, atau bahkan yang lebih canggih lagi. Perlu diketahui, Iran pun baru saja meluncurkan pesawat tanpa awak buatan sendiri, yang peluncurannya dilakukan langsung oleh Presiden Ahmadinejad.

Komandan Angkatan Luar Angkasa Tentara Pengawal Revolusi Iran, Kamis (8/12), menunjukkan kepada publik bagaimana pihaknya berhasil menangkap pesawat RQ-170 ini secara utuh.

“Beberapa waktu lalu perlengkapan inteligen dan monitor elektronik kami berhasil mengetahui rencana kedatangan pesawat ini ke dalam wilayah udara Iran untuk melakukan misi mata-mata. Kemudian setelah pesawat ini masuk ke wilayah udara Iran di sebelah timur Iran, pesawat ini berhasil kita jebak dan dijatuhkan dengan kerusakan minimum,” kata Brigjen Amir Ali Hajizadeh.

Terlepas dari “hadiah istimewa” yang diterima para ilmuan Iran, tertangkapnya pesawat RQ-170 secara utuh menunjukkan bahwa teknologi yang dimiliki Iran jauh lebih tinggi dari perkiraan para ahli barat. Tidak hanya itu, Iran pun hampir dipastikan akan dapat mengembangkan teknoligi pesawat paling canggih di dunia seperti ini, yang saat ini hanya dikuasai Amerika dan Israel.

Bahkan televisi Inggris, BBC, mengakui bahwa, “ini menunjukkan profesionalisme angkatan bersenjata Iran yang tidak kita ketahui sebelumnya.” Koresponden militer BBC, Frank Gardner, bahkan mengakui bahwa jatuhnya pesawat RQ-170 merupakan hal memalukan serta kekalahan inteligen Amerika di hadapan Iran.

Teknologi yang digunakan RQ-170 adalah teknologi yang sama yang digunakan pesawat-pesawat canggih Amerika lainnya, seperti pembom strategis B2 serta pesawat tempur super modern F-35. Bisa dibayangkan nilai keuntungan strategis yang diperoleh Iran dan kekalahan yang diderita Amerika.

Menurut Brigjen Amir Ali pesawat yang ditembak jatuh dikendalikan melalui satelit luar angkasa dan memiliki pangkalan di Afghanistan dan Amerika. Menurutnya pesawat RQ-170 tersebut hanya dioperasikan oleh dinas inteligen Amerika, CIA, dan keberhasilannya menguasai pesawat tersebut menunjukkan Iran telah memiliki kemampuan teknologi yang tidak pernah dibayangkan barat.

Keberhasilan Iran menjatuhkan RQ-170 semakin menguatkan klaim Iran bahwa negeri ini telah berhasil mengembangkan sistem pertahanan udara canggih yang mampu melindungi seluruh wilayah Iran dari serangan asing. Sistem pertahanan udara baru tersebut, bahkan menurut klaim Iran, lebih canggih dari sistem pertahanan udara modern buatan Rusia yang gagal dijual Rusia ke Iran, yaitu S-300. (Berita hari ini: Tohasyahputra).

Berita Terbaru Hari Ini - Hasil Pencarian:

iran terkini,berita iran hari ini,berita iran,berita luar negeri hari ini,berita mancanegara terkini,Berita militer,berita mancanegara terbaru,teknologi iran terkini,berita luar negeri terbaru,Berita tentang iran,berita hari ini iran,berita mancanegara,berita luar negeri,berita terkini mancanegara,berita negara iran hari ini,berita pesawat jatuh hari ini,berita terkini luar negeri,berita terbaru mancanegara,pesawat tempur iran,berita dalam negeri hari ini,berita manca negara hari ini,berita politik dalam negeri hari ini,berita manca negara terkini,berita luar negri terkini,berita terbaru luar negri,berita terkini luar negri,berita mancanegara terbaru hari ini,berita hari ini mancanegara,BERITA HARI INI LUAR NEGERI,pesawat tempur iran terbaru,Berita luarnegri,berita terbaru luar negeri,Berita manca negara

One Comment to “Iran Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak AS, Obama Minta Pesawat Dikembalikan”

  • Alisson says:

    بچه ها من خودم جو گیر شدم اینو همون روز که خبرمنتشر شد فرستادم:hi dear yannii’m from iran & i love you& your music so mucahs one of your iranian fans i’m so eager to know your idea about persian music.do you have any plans to come to iran(wich is your fans’ draem in iran!)or making an album with persian music themes & instruments in future?thank youعجله کردم ها؟

  • Leave a Reply for “Iran Tembak Jatuh Pesawat Tak Berawak AS, Obama Minta Pesawat Dikembalikan”

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Close
    Klik LIKE/SUKA dulu ya....
    Sebelum meneruskan membaca, luangkan sejenak buat Like/Suka Facebook atau follow Twitter: