Gubernur Jatim (Soekarwo) Wacanakan Kemenangan Aklamasi! Icon
Browse: Home » Politik » Gubernur Jatim (Soekarwo) Wacanakan Kemenangan Aklamasi!

Gubernur Jatim (Soekarwo) Wacanakan Kemenangan Aklamasi!

Post Rating: Gubernur Jatim (Soekarwo) Wacanakan Kemenangan Aklamasi! Rating (982 votes)

Berita Politik Hari ini. Seorang calon kepala desa incumbent terpaksa mengajukan istrinya untuk maju sebagai kompetitor agar dia tidak bersaing dengan ‘bumbung kosong’, karena tidak ada warga yang mau mencalonkan diri dalam pilkades.

Gubernur Jatim Soekarwo mulai mewacanakan ide baru, terkait pelaksanaan demokrasi, khususnya menyangkut sistem pemilukada baik bupati/walikota maupun gubernur. Yakni, mengedepankan prinsip musyawarah mufakat atau aklamasi.

Latar belakang munculnya ide tersebut, lanjut Pakde Karwo, setelah terjadi kasus unik dalam proses pemilihan kepala desa di Kabupaten Tulungagung, Jatim.

Menurut dia, pemilukada supaya meniru sistem lelang pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintahan yang juga berlaku secara internasional.

Artinya, jika memang tidak ada calon lain yang mau berkompetisi dalam proses pemilihan pemimpin, ya tidak perlu dipaksakan dan diada-adakan. Justru calon yang sudah ada itu disepakati dengan musyawarah mufakat atau aklamasi walaupun tanpa melalui proses pemilihan.

“Undang-Undang yang ada saat ini kan, harus ada kompetitor. Saya juga sudah usulkan ke Mendagri, kalau tidak ada kompetitor setelah diberi tambahan waktu dan diumumkan tiga kali tetap tidak ada, ya aklamasi melalui musyawarah mufakat.

Ini prinsip musyawarah mufakat yang harus dikedepankan dalam sistem demokrasi kita,” harap Pakde Karwo.

Ironisnya, dalam proses pemilihan ternyata dimainkan oleh para penjudi sehingga yang menjadi pemenang justru sang istri yang tidak memiliki pengalaman organisasi dan kepemimpinan.

“Kemenangan istri kepala desa dalam pilkades itu jelas bukan contoh yang baik karena tidak ada nilai (value) yang bagus dalam sistem berdemokrasi.

Karena itu diperlukan exit policy (jalan keluar kebijakan) dalam sistem demokrasi yang kita anut saat ini,” ujar Pakde Karwo usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Jatim, Kamis (18/10/2012).

Diakui, dalam pilgub Jatim mendatang dirinya juga berusaha akan melakukan hal seperti itu. Partai-partai yang ada di Jatim diajak komunikasi intensif untuk bersama-sama mengusung pasangan calon yang dikehendaki rakyat Jatim.

Menanggapi hal tersebut, Pakde Karwo menyatakan sangat berterima kasih. Menurutnya, perkembangan demokrasi politik ke depan memang harusnya seperti itu.

Parpol tidak lagi mengedepankan ego kepentingan parpolnya sendiri, tetapi mengutamakan kepentingan masyarakat yang notabene menjadi konstituen parpol.

pakde karwo

pakde karwo

“Siapa calon pemimpin yang dikehendaki rakyat dan diangap bisa menyejahterakan rakyat serta mampu mengakomodir kepentingan parpol, itulah yang patut didukung bersama, sehingga cost politik juga bisa lebih efisien dan dapat dialihkan untuk kepentingan pembangunan,” pungkasnya.

Sehingga, nantinya tidak ada parpol pendukung dan parpol pengusung serta menghilangkan diskriminasi antarparpol. Sebab pasangan calon yang dikehendaki masyarakat itu akan diusung bersama-sama oleh parpol yang aspiratif dengan keinginan masyarakat.

“Ini fermentasi bukan teori untuk membangun politik nasional melalui politik lokal. Saya ingin bersama parpol-parpol lain membangun politik yang khas di Jatim,” beber mantan Sekdaprov Jatim ini.

Sebagaimana diketahui, Pakde Karwo telah membuat pernyataan akan menggandeng kembali Gus Ipul pada pilgub Jatim mendatang, pada 12 Oktober lalu saat momentum Hari Jadi Jatim ke-67. Sementara, Partai Gerindra Jatim menyatakan mendukung duet Karsali (Soekarwo-Saifullah Yusuf kembali).

Berita Terbaru Hari Ini - Hasil Pencarian:

contoh aklamasi

Leave a Reply for “Gubernur Jatim (Soekarwo) Wacanakan Kemenangan Aklamasi!”

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Close
Klik LIKE/SUKA dulu ya....
Sebelum meneruskan membaca, luangkan sejenak buat Like/Suka Facebook atau follow Twitter: