Dahlan Iskan, Sang Menteri Teladan Itu Icon
Browse: Home » Berita Artis » Dahlan Iskan, Sang Menteri Teladan Itu

Dahlan Iskan, Sang Menteri Teladan Itu

Post Rating: Dahlan Iskan, Sang Menteri Teladan Itu Rating (10282 votes)
Dahlan Iskan

Dahlan Iskan merakyat

Dahlan Iskan, Meneg BUMN, kerap kali terusik melihat ketidakberesan di depannya. Sebagai seorang yang tak pernah takut dalam menegakkan apa yang diyakininya benar, Dahlan pun seringkali harus rela terjun langsung melakukan pembenahan, meskipun sempat mendapat ‘hadiah’ pelemparan tempat duduk oleh petugas PT Jasa Marga Tbk yang kala itu masih kosong.

Insiden itu terjadi pada 20 Maret 2012, di mana Dahlan Iskan membuka paksa jalan tol . Kejadian yang berlangsung sekitar pukul 06.10 WIB. Karena merasa ada yang tak beres berkaitan dengan pelayanan di pintu tol dalam kota Jakarta, dekat Semanggi menuju Slipi sehingga mengakibatkan kemacetan dan antrean panjang yang mencapai 30 mobil lebih, Dahlan membuka paksa pintu gerbang tol itu. Mungkin, karena tidak tahu atau kurang akbrab dengan sosok ‘bos’-nya, seorang petugas PT Jasa Marga Tbk melemparkan tempat duduk ke arah Dahlan.

Rasa kesal Dahlan Iskan kala itu sebetulnya bukan tanpa alasan. Mantan dirut PT Perusahaan Listrik Negara itu, sebetulnya sudah menegur 3 bulan sebelumnya. Ternyata, teguran itu belum dilaksanakan dengan baik.

Kemarin, Dahlan Iskan kembali membuka paksa pintu tol di ruas Ancol Barat, Jakarta, yang menjadi langganan kemacetan.

“Pintu tol Ancol Barat luar biasa macetnya,” kata Dahlan Iskan dalam instruksinya kepada Deputi Infrastruktur dan Logistik Menteri BUMN, Sumaryanto Widayatin, di Jakarta, Senin, 9 April 2012.

Seperti diberitakan, Kepala Bagian Hutmas dan Protokol Kementerian BUMN, Faisal Halimi, Dahlan kembali turun dari mobilnya dan langsung membuka pintu tol tersebut. Seperti kejadian sebelumnya, sejumlah mobil pun bisa masuk jalan bebas hambatan tanpa membayar tiket sepeser pun.

Dari laporan petugas tol, Dahlan mengetahui bahwa ruas jalan tol tersebut memang selalu mengalami kemacetan setiap hari. Melihat kemacetan panjang kali ini, Dahlan pun sempat membuka jalur loket yang ada di pintu gerbang tersebut.

Mendapati masih adanya pintu gerbang jalan tol yang mengalami kemacetan, Dahlan menginstruksikan kepada Sumaryanto agar operator jalan tol segera menempatkan petugas penarik karcis yang berdiri.

“Setidaknya tambah empat orang. Tolong langsung dilaksanakan,” instruksi Dahlan kepada deputinya tersebut.


Aksi Dahlan Kali Ini Salah Sasaran?

dahlan iskan

Dahlan Iskan, Meneg BUMN

Namun, aksi Dahlan Iskan, Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kali ini yang membuka paksa empat pintu di gerbang tol Ancol Barat, Jakarta, salah sasaran. Sebab, ternyata pintu gerbang tol Ancol Barat itu bukan milik PT Jasa Marga Tbk. yang berada dalam kewenangannya. Melainkan milik PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk yang merupakan operator jalan tol swasta.

“Gerbang tol itu punya CMNP dan bukan punya Jasa Marga,” kata Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Adityawarman kepada VIVAnews.com, Senin, 9 April 2012.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, belum bisa diperoleh konfirmasi dari manajemen Citra Marga Nusaphala Persada. Telepon genggam Direktur Operasional CMNP, Hudaya, aktif, namun tidak dijawab.

Sementara itu, seorang sumber mengatakan, aksi Dahlan Iskan kali ini bisa dipandang dari sisi yang berbeda. Aksi kali ini menunjukkan langkah Dahlan sama sekali tidak ada kaitannya dengan pencitraan dirinya.

Saat ditanyakan kebiasaan Dahlan yang senantiasa bertanya terlebih dahulu kepada operator jalan tol sebelum memutuskan bertindak, sumber tersebut hanya mengatakan, “Itulah Dahlan Iskan. Dia bergerak dengan spontan.”

Untuk diketahui, Dahlan Iskan biasanya menghubungi direktur utama PT Jasa Marga Tbk jika menemukan adanya masalah dalam pengelolaan jalan tol. Dalam aksinya Maret lalu di jalan tol Dalam Kota Jakarta, Dahlan sebelumnya telah menghubungi manajemen Jasa Marga agar secepatnya mengatasi kemacetan di gerbang tol.

Begitu pula ketika jalan tol di ruas Bintaro-Serpong yang sempat terkena banjir beberapa hari lalu, Dahlan sempat mengirimkan pesan kepada Jasa Marga.

Seperti diberitakan, Dahlan Iskan, ‘mengamuk’ lagi. Kali ini, Dahlan meloloskan mobil-mobil yang mengantre masuk pintu tol di ruas Ancol Barat, Jakarta, yang menjadi langganan kemacetan.

“Pintu tol Ancol Barat luar biasa macetnya,” kata Dahlan Iskan dalam instruksinya kepada Deputi Infrastruktur dan Logistik Menteri BUMN, Sumaryanto Widayatin, di Jakarta, Senin, 9 April 2012.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kementerian BUMN, Faisal Halimi, Dahlan turun dari mobil dan langsung menggiring deretan mobil agar langsung masuk jalan bebas hambatan itu tanpa membayar tiket sepeser pun.

Dahlan Iskan: Saya Malu Ruas Jalan Tol Kebanjiran

“Tol tergenang, saya malu,” kata Dahlan.  Kejadian itu bermula ketika beliau kembali melakukan pengecekan Jasa Marga terkait banjir yang melanda ruas jalan tol Bintaro-Serpong.

“Saya langsung telepon Dirut Jasa Marga,” kata Dahlan Iskan kepada wartawan di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa, 4 April 2012.

Dahlan mengatakan, dari penjelasan Dirut Jasa Marga, pengelola ruas tol yang mengalami banjir tersebut ternyata bukan milik Jasa Marga. “Dia (Dirut Jasa Marga) bilang, itu bukan tol kami pak,” ujarnya.

Walau bukan ruas tol yang dikelola oleh BUMN, Dahlan mengaku dirinya cukup malu dengan masih adanya jalan tol yang tergenang air. “Tol tergenang, saya malu,” kata dia.

Seperti diketahui, pintu tol Bintaro-Serpong ditutup sementara akibat banjir yang mengenangi jalan bebas hambatan itu pada Selasa 3 April 2012. Banjir kembali terjadi di kawasan Tangerang Selatan setelah hujan deras turun sejak sore hari kemarin.

Pengelola jalan tol ruas Bintaro-Serpong tersebut adalah perusahaan swasta. yang juga mengelola ruas tol Pelabuhan Makassar, tol seksi empat Makassar, dan tol JORR Kebon Jeruk-Penjaringan.

Tak hanya di tol BSD, kemacetan parah juga terjadi di tol bandara dari arah Soekarno-Hatta menuju tol dalam kota, Rabu 4 April 2012. Tersendatnya laju kendaraan ini diakibatkan adanya genangan air di kawasan Kapuk, Jakarta Utara.

Mecet tampak mulai dari km 31 hingga km 23 atau sekitar 8 kilometer. Kemacetan ini terjadi di jalur bawah tol, sedangkan jalur atas lancar karena tidak tergenang banjir. Kendaraan hanya bisa dipacu 0-5 km per jam, bahkan sempat berhenti lebih dari lima menit.

Berdasarkan informasi dari  PJR Polda Metro Jaya, genangan air setinggi 30 Cm itu membuat tiga lajur yanga ada hanya dua yang dapat dilalui.


Berita Terbaru Hari Ini - Hasil Pencarian:

berita dahlan iskan hari ini,berita dahlan iskan terbaru,berita terbaru dahlan iskan,dahlan iskan hari ini,berita terkini dahlan iskan,berita dahlan iskan terkini,dahlan iskan,berita dahlan iskan,dahlan iskan terkini,berita terbaru tentang dahlan iskan,dahlan iskan TERBARU,berita tentang dahlan iskan,dahlan iskan berita terbaru,berita terkini tentang dahlan iskan,berita bumn terkini,berita tentang dahlan iskan terbaru,artikel tentang dahlan iskan,berita bumn terbaru,news tohasyahputra com,berita terakhir dahlan iskan,berita baru dahlan iskan,berita terbaru dahlan,berita fahlan iskan,berita dahlaniskan,berita bumn hari ini,kmna hari ini dahlan iksan,ramalan binatang di ancol belanda vs kosta rika

One Comment to “Dahlan Iskan, Sang Menteri Teladan Itu”

  • Ronnie says:

    Meskipun Tidak Penting dimata Korporasi, ttepai secercah harapan untuk di mata Sang Maestro.. jika Keikhlasan Sang Pemimpin seperti ini, bagaimana dengan hati nurani bawahannya..??bagaimanapun Pak Dahlan is The Best..!!

  • Leave a Reply for “Dahlan Iskan, Sang Menteri Teladan Itu”

    XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Close
    Klik LIKE/SUKA dulu ya....
    Sebelum meneruskan membaca, luangkan sejenak buat Like/Suka Facebook atau follow Twitter: